Thursday, May 16, 2013

Tidak Sulit Mengusir Stres

TRIBUNNEWS.COM - Sebenarnya tidak sulit mengusir jauh-jauh stres yang terlanjur datang. Ada banyak teknik rileksasi yang efektif melenyapkan stress. Dari yang murah meriah hingga yang seharga ratusan ribu rupiah.
Semasa berkarir di New York sebagai Director Internal Client Management Data Analysis and Consulting Nielsen Consumer Research, tentu saja hidup Iwan Setyawan penuh dengan stress. Ketika diajak menjajal kelas yoga untuk merilis stres, pria berusia 37 tahun ini sempat tak percaya.
"Namun begitu pertama kali melakukan pose downward dog, saya merasakan sensasi yang luar biasa," ujar pria yang menulis buku 9 Summers 10 autumn ini saat peluncuran buku yoga karya Devie Asmarani di Jakarta beberapa waktu lalu. Segala stres yang dialami di tempat kerja bisa rilis. Sejak itu, ia jadi keranjingan yoga.
Iwan hanyalah satu dari sekian banyak orang yang mengalami "keajaiban" yoga untuk mengusir stres. Saat ini kelas-kelas yoga banyak dibuka di pusat kebugaran. Bahkan banyak juga orang berpunya yang memanggil guru privat untuk kelas yoga di rumah.
"Yoga itu memang efektif mengatasi stres. Ada pasien saya yang mengikuti kelas yoga dan merasa jadi lebih baik," kata Dr. Surjo Dharmono, SpKJ.
Di kelas yoga kita diajak untuk melakukan pose-pose  yoga. Pose itu adalah sekumpulan gerakan yang didisain untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh. Pose itu terdiri dari pose berdiri, duduk, hingga berbaring di matras.
Selain itu, kelas yoga juga mengajarkan kontrol pernapasan. Mengontrol pernapasan itu berarti membantu mengontrol tubuh dan menenangkan pikiran.
Mandi Berendam
Berkat gerakannya yang tenang namun bertenaga, yoga membuat perhatian kita jadi hanya tertuju pada penjajaran tubuh dan pernapasan. Pikiran jadi jauh dari hiruk pikuk kehidupan dan membuat pikiran kita tenang dengan menjalani gerakan yoga yang membutuhkan keseimbangan dan konsentrasi.
Ada beragam jenis kelas dan gaya yoga. Pilihan yang cocok tergantung selera masing-masing. Kalau hanya sekedar untuk menghilangkan stres, kelas hatha yoga adalah pilihan yang baik. Hatha yoga adalah jenis yoga yang paling umum dan mudah dilakukan oleh pemula karena gerakannya yang lebih pelan dan mudah.
Pergi perawatan diri di spa atau belajar meditasi, menurut Dr. Surjo juga bisa mengatasi stres. Pilihan harga dan jenis spa cukup beragam. Untuk cara rilis stres yang murah meriah, Dr. Surjo menyarankan cukup mandi berendam air hangat.
Stres juga bisa dikendalikan dengan baik bila kehidupan spiritual berkembang. "Kehidupan spiritual yang lebih baik akan membawa kita belajar lebih memahami diri sendiri. Belajar lebih mengerti orang lain dan belajar lebih mengenali Sang Pencipta," kata Dr. Surjo.
Dari sisi fisik, tubuh juga perlu dibentuk agar tahan menghadapi stres. Caranya, dengan pola makan seimbang. "Usahakan agar makanan tidak mengandung terlalu tinggi karbohidrat," katanya. Istirahat cukup, olah raga teratur dan rekreasi juga merupakan komponen penting untuk memperkuat ketahanan tubuh menghadapi stres.
Di samping itu, sikap hidup positif bisa memperkuat ketahanan tubuh terhadap stres. "Misalnya dengan berpikir rasional dan obyektif," ujarnya.

No comments:

Post a Comment