Saturday, September 19, 2015

Khasiat Biji Rambutan untuk Kesehatan, Diabetes & Sakit Pinggang


Khasiat Biji Rambutan

Buah rambutan (nephelium lappaceum) merupakan tanaman tropis yang tergolong dalam suku Sapincia Ceap atau lerak-lerakan. Tanaman ini berasal dari kepulauan Asia Tenggara yang banyak ditanam sebagai pohon buah atau bisa kita temukan sebagai tumbuhan liar di luar jawa.

Rambutan memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, fosfor, besi, vitamin C dan kalsium. Kulit buahnya mengandung tannin dan saponin. Bijinya mengandung polifenol dan lemak, kulit batangnya mengandung tannin, flavonida, saponin, zat besi dan pectic substance. Sedangkan daun rambutan mengandung saponin dan tannin. Di dalam buah rambutan tersimpan khasiat sebagai obat yang tidak ternilai harganya. Menurut kajian pakar tanaman obat setiap 100 gram mengandung 69 kalori, 58 mg vitamin, dan 18,1 gram karbohidrat. Buah rambutan juga memiliki kadar serat yang cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100gram berat buah. Dengan banyaknya kandungan di dalam rambutan, akan cocok bagi kesehatan dan bagi orang – orang yang tengah berdiet.


Khasiat Biji Rambutan
Manfaat Biji Rambutan

Manfaat Biji Rambutan

Biji buah rambutan dapat dijadikan sebagai obat kencing manis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi, Pram Pramono, bahwa ekstrak methanol pada biji rambutan mengandung senyawa falvonoid dan fenolik. Ekstrak methanol tersebut mengandung senyawa yang terdiri dari 5 fenolik (flavonoid) dan 1 fenolik bukan flavonoid. Manfaat dari ekstrak methanol tersebut mempunyai aktivitas hipoglikemik jadi berpotensi membantu pasien yang mengidap diabetes. Selain itu biji rambutan juga dipercaya bisa mengobati sakit pinggang.

Cara Membuat Obat Herbal dari Biji Rambutan

  • Siapkan 5 biji rambutan dari buah yang matang.
  • Pisahkan biji dari daging buahnya, setelah itu silahkan dibersihkan.
  • Selanjutnya potong menjadi beberapa potongan kecil-kecil dan sangrai dengan api sedang
  • Setelah berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan, matikan api kemudian tiriskan di dalam wadah, biarkan sampai dingin.
  • Selanjutnya blender atau tumbuk biji rambutan yang telah disangrai tersebut sampai mendapatkan tekstur yang lembut dan halus.
  • Setelah itu, sedu bubuk biji rambutan dengan air panas, biarkan seduhan tersebut dingin dan air terpisah dari ampasnya.
  • Minum seduhan tersebut 1-3 kali sehari, 30 menit sebelum makan. Dan apabila mengidap diabetes parah konsumsi lah setiap hari secara rutin.


Ternyata khasiat biji rambutan untuk diabetes dan sakit pinggang bisa dibuat sendiri dengan mudah ramuannya. Semoga membantu !

sumber : www.kesihatanpedia.com

No comments:

Post a Comment